Sunday, January 11, 2015

Band Indie?

Finally ketemu lagi sama ulasan yang kurang menarik dan gapenting dari gue, disini gue akan ngebahas tentang band indie. Sesuai asal katanya independent yang berarti merdeka, berdiri sendiri, berjiwa bebas, dan tidak bergantung, sehingga jika diambil pengertian secara bebas.
Pengertian kedua dari band indie adalah band itu merekam dan memasarkan sendiri lagu-lagu mereka. Biasanya band-band ini memiliki lagu-lagu yang bisa diterima pasar, namun dalam penggarapan album, mereka tidak melibatkan major label atau perusahaan rekaman yang telah memiliki nama. Dan juga dari segi pendistribusian, pembuatan cover cd, pembuatan merchandise dan lain lainnya dikerjakan oleh keringat para personil sendiri. Ya kali cuma segitu mengenai gambaran indie menurut gue sendiri, mari kita simak beberapa band indie indonesia favorit menurut gue:

Kita mulai dari urutan 9 menurut gue:
9.Rocket Rockers
Kenapa harus rocket rockers? Yes, band indie satu ini memang harus diperhitungkan, karena lahir pada tahun 1998 dengan formasi awal Ucay (Vokal & synthesizer), Aska (Vokal & Gitar), lowp (guitar), Bisma (Bassist), dan ozom (Drum). Sekitar awal 2013 Ucay meninggalkan band, tapi sampe sekarang tetap konsisten dan masih harus diperhitungkan! Gue pertama suka sama roro karena dengerin lagu Ingin Hilang Ingatan, Bebas, dan Hari Untukmu. Dan album rilisan terakhir, Tons Of Friends pun emang masih enak. Coba denger deh!
web: http://www.rocketrocksite.com/
twitter: @rocket_rockers


8. Thirteen
Band yang terlahir di tahun 2006 ini awalnya beranggotakan Raynard (scream / growl), Bobond (guitar), Echa (guitar), Dicky (Bass), Adit (drum), dan kemudian kita merasa butuh nuansa keys atau synth maka masuklah Rudy (Key / Synth). Dan sukses menggemparkan permusikan dengan lagu "Jakarta Story" yang menggambarkan kota Jakarta dengan penuh benci, dan banyak cerita di kota kelahiran mereka. Oh iya mereka ini semacam Attack Attack kalo band luar, growl raynard yang khas dan sedikit "tuit tuit" dari synthesizer emang udah pas untuk didenger. Kalo gasuka teriak teriak mending dengerinnye kadang kadang, terus jadi suka deh. hahaha
web: http://www.thirteenjkt.com/
twitter: @THIRTEENjkt

7. Cemetery Dance Club
Band yang berasal dari Jakarta dan terbentuk tahun 2007 ini menyebut dirinya sebagai "PANCICORE" yaitu Pasukan Cina Hardcore yang beranggotaka Bona Rodriguez (Growl/Vocal), Ivan Victor Lucas (Guitar), Audrio (Bassist), Kazumasa Albert (Guitar), Roy Leonard (Synth/key), dan Alvin Eka Putra (Drum) ini sama seperti Thirteen tapi lebih cepat dan lebih kasar istilahnya, ketika mulai dikenal oleh pendengar musik santai akhirnya Bona Rodriguez mengundurkan diri dari band ini, alasannya (tanya sendiri ke twitternye ye). Akhirnya digantiin sama Diego sampe sekarang, yang semakin gila aja kalo nonton live band ini. Lagu yang pertama didenger gue sih The End Is Not Yet To Come versi Bona, dan masih enak aja pas dibawain sama diego. Pokonye harus nonton Live!
twitter: @CDCJKT

6.  Payung Teduh
Band melow santai yang lagi digilai tahun 2014 ini lahir dari dua orang sahabat yang berprofesi sebagai pemusik di Teater Pagupon yang senang nongkrong bersama di kantin FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia,  mereka adalah Is dan Comi  yang senang bermain musik bersama di kantin, selasar gedung kampus, tepi danau hingga event – event di luar kampus. Lagu pertama yang didenger gue adalah Resah, pas bener sih untuk yang lagi galau. Boleh banget di rekomendasiin buat gebetan, mantan gebetan, pacar, atau mantan pacar sekalipun. Live nya pun emang bikin nyaman (Kalo sama pacar atau gebetan). :))
web: payungteduh.com
twitter: @payungteduh

5. Bandung Inikami Orchestra
Band Ska asal Bandung ini banyak mendapatinfluence dari TSPO (Tokyo Ska Paradise Orchestra) yang emang mengedepankan instrument dan nuansa orsektra di setiap aksinya.
Band yang berisi 9 orang ini merupakan kumpulan anak-anak muda yang awalnya adalah penikmat Ska di generasi sebelumnya dan akhirnya memunculkan diri sebagai pelaku Ska. Riksa (Singer),Ebef (4String) ,Endrouw (6 string), Randi (hitter), Henrik(Slide), Ivan( Woodwind Alto Sax), Apink serta Viko(AltoSaxophone sax). Yes, band yang lahir tahun 2006 ini emang nekad karena ngambil genre Ska, yang pada saat itu di bandung lagi rame rame nya genre melodik. Lagu  pertama yang gue denger adalah Jarak jauh, pas banget untuk yang lagi pengen liat doi tapi doi nye gimane gitu. hahahaha
web: inikamiska.com
twitter: @inikamiska

4. Billfold

Band yang lahir di Bandung tahun 2010 ini beraliran Hardcore, memiliki personil awal: Gania (Vokal), Angga (Guitar), Ferin (Bassist), Pam Al Ayubi (Drum) yang langsung hits karena teteh cantik Gania dan juga lagunya yang enak buat moshing. Mereka punya 1 EP dan 1 album (kalo ga salah), Namun ga lama kemudian angga pun mengundurkan diri dari band ini yang akhirnya membuat Billfold cuma bertiga. Lagu pertama yang gue dengerin adalah Destroyed Without Hesitation. Di album "Brave" yang belum lama mereka rilis ini emang bikin makin yahud deh dengerin aje sendiri ye. Live nya juga gakalah saik kok! 
Web: thisbillfold.com
twitter: @billfoldx

3. The SIGIT

Band  The Super Insurgent Group of Intemperance Talent ini lahir tahun 1997 di Bandung yang beranggotakan Rektivianto Yoewono (vokalis dan gitar), Farri Icksan Wibisana (gitaris), Aditya Bagja Mulyana (bass), dan Donar Armando Ekana (vokalis dan drummer).  Mereka dikenal publik karena mengisi soundtrack film yang berjudul Catatan Akhir Sekolah, kalo lo emang ngaku suka band indie terutama band indie Bandung, emang belum sah kalo belom denger The SIGIT. Oh iye, lagu pertama yang didengerin dari The Sigit yaitu Did I ask yer opinion yang jadi soundtrack  Catatan Akhir Sekolah. harus nonton live, kalo pingin ngerasain sensasi band ini! hahaha 
web: thesigit.com
twitter: @thesigit

2. Pee Wee Gaskins
Pee Wee Gaskins! Band yang lahir di Jakarta tahun 2007 ini beranggotakan Sansan (Vokal/Guitar), Dochi (Bassist), Ayi (Guitar), Rezaomo (synth/key), Aldi (Drum) ini terkenal karena banyaknya haters (dulu) karena yagitu tanya aja sama haters nye. Hahahaha, awal gue suka band ini gara gara lagu You Throw The Party With The Girl nye, yang katanya cuma direkam Dochi sendirian karena waktu itu belum ada yang mau ngeband dan belum ada yang sejalan dengan pemikirannya. Kata Gaskins sendiri berasal dari nama pembunuh kejam yaitu Donald Gaskins. Oh iya, dulu pernah gabung di label dan sekarang indie lagi. Live nya juga ga mengecawakan! 
web: inheritpoppunk.com
twitter: @PWGofficial

1. Seringai
Akhirnya, band yang bikin gue terkenal si seringai di Itenas, band terfavorit dan bikin addict adalah Seringai! Yes, band yang lahir tahun 2002 ini dibentuk oleh Arian, dan nama Seringai pun diambil dari Bahasa Indonesia. Band yang beranggotakan Arian (Vokal), Ricky (Guitar), Sammy (Bassist), dan Edy Khemod (Drum) ini emang bisa membakar Jakarta pada awalnya, tapi menjadi Membakar Dunia hingga saat ini. Yes, mulai dari EP High Octane Rock, Serigala Militia, dan terakhir Taring adalah album yang emang harus didengerin kalo suka sama Heavy Metal. Tapi kalo dibilang genre sih, Seringai gabisa diplot untuk di genre tertentu karena musiknya yang in between kalo kata @wenzrawk di DVD Generasi Menolak Tua. 
Mulai suka karena lagu membakar jakarta, Serigala Militia, dan Mengadili Persepsi. Akhirnya bikin addicted sama band yang satu ini, mulai dari beli CD fisik, beli tees, dan beli denim vest! Oh iya, kemaren juga semua Seringai (termasuk crew dan yang ikut andil di setiap Seringai live) ke Australia gara gara CD terakhir rilis yaitu Taring sangat sukses dipasaran, baik dari CD biasa dan CD edisi Deluxe yang cuma diproduksi 666 gatau 999 pcs (lupa). Dan untungnya dapet! 
twitter: @seringai

Akhirnya kelar, semoga senang membaca kilasan saya dan jangan lupa mendengarkan lagu lagu mereka. Beli CD Fisiknya, dan nonton saat live nya! Itu adalah cara kalian mengapresiasikan seni dan membantu mereka untuk terus ada! See ya next tulisan. :))

No comments:

Post a Comment