Monday, July 6, 2015

Once Superior, Still Superior: FC BARCELONA

Hello! Bertemu kembali dengan gue dan tulisan gue yang ga seenak es teh manis di siang hari saat bulan puasa.

Menilik judul diatas gue akan membahas tentang Barcelona Musim lalu yang akhirnya bisa (lagi) treble. Sejak era Guardiola, Barcelona memang diatas angin dengan pemain bintangnya serta juga Guardiola juga yang beruntung sampe bisa bikin Lionel Messi sampe seperti ini (sebenernya Tito Vilanova yang ngasih usulan ke pep buat percaya ke messi, sehingga messi sangat hormat kepada Vilanova). Selepas pep hengkang karena ingin istirahat dari pesepakbola, akhirnya digantikan Tito dengan sangat tidak memungkinkan karena sakit sehingga mendiang tito cuma bisa menghasilkan 1 trophy La Liga.

Setelah itu akhirnya tito tidak melanjutkannya di Barcelona, diganti lah oleh Gerardo Tata Martino tahun 2013/2014. Sebelum tata martino mengambil alih kursi kepelatihan, Barcelona kehilangan sosok pemimpin karena Puyol akhirnya memutuskan untuk pensiun dan menjadi staff di Barcelona sebagai assisten Zubi Zarretta.
Pada era ini pula kekisruhan di dalam tubuh Barcelona mulai terjadi, Berawal dari Transfer Neymar ke Barcelona
Yang akhirnya diselidiki oleh fifa tentang kesepakatan kepindahannya yang dinilai murah pada saat itu, Sandro Rossel pun diperiksa dan akhirnya di vonis korupsi berkat transfer ini yang akhirnya diganti oleh wakilnya Joseph Bartomeu. 
Yang kedua adalah sosok kepemimpinan ini yang belum ada sepeninggal Puyi, dan krisis bek tengah serta valdes yang cedera parah sampe akhir musim. Akhirnya tahun 2013/2014 FC BARCELONA nihil gelar, dan Tata Martino pun dicap gagal yang akhirnya berakhir pada pemecatan.

Dan kompetisi pun rehat sejenak, dan semua penjuru dunia teralihkan ke Piala Dunia 2014 di Brazil....

Memasuki awal musim, Barcelona gencar "merombak" pemain dan tentunya pelatih. Gue pun tertegun dengan ditunjuknya Luis Enrique (LE) karena musim sebelumnya melatih roma dan ga dapet apa apa. Tapi ya udah ditunjuk, mau apalagi fans layar kaca seperti saya ini? Akhirnya rumor pun bertebaran, dari yang udah kontrak David Luiz tinggal TTD eh ya yang bener2 deal Mathieu dari Valencia, Vermaelen dari arsenal, Bravo dari Sociedad, Ter Stegen dari monchengladabach dan juga transfer gapenting beli Douglas. Dan yang paling ga habis pikir beli 80M untuk Luis Suarez yang waktu itu kena sanksi gara gara gigit manis Chiellini di Piala Dunia, dan gue pribadi Suarez gakan cocok sama Barcelona.

Akhirnya Musim 2014/2015 pun dimulai! 

Dimulai dari start musim yang mungkin biasa biasa saja dan ga nyangka ga kebobolan (clean sheet) di 13 match (kalo gasalah) dan Suarez masih belom main karena sanksi piala dunia. Dan debut suarez pun dimulai disaat El Clasico jilid 1 yang kalah 1-3 di bernabeu. Dan mulai buasnya lagi suarez dimulai pas Laga Manchester City di Champions League yang cetak 2 gol waktu leg 1 di Manchester di babak 16 Besar, kemudian PSG juga sempat jadi bulan bulanan Suarez di babak knocked out (8 besar) hingga Comeback nya performa Messi dan juga makin antengnya si bocah samba Neymar. Akhirnya muncul lah julukan Trio MSN yang makin klop dan pada akhirnya jadi Trio paling buas seantero bumi dengan total gol 122 gol semusim.

Tak kalah seru di Champions League, La Liga juga gantian saling bunuh untuk jadi yang pertama (Barcelona, Madrid, Atleti). Dan pada akhirnya Barca pun yang keluar sebagai Juara La Liga 

Dan sebelum memastikan gelar La Liga, Barcelona pun memastikan berada di Final Copa Del Rey menghadapi Athletic Bilbao. Dan ya, MSN makin gila dengan gol pertama yang sangat alien dari Messi. Akhirnya Barca pun Juara Copa Del Rey. Double! 
Setelah itu, Barcelona pun bisa mencapai Final Champions League setelah mengalahkan Munchen dan bertemu Juventus di Final. Akhirnya Berlin pun menjadi saksi bisu Barcelona meraih gelar Champions League untuk ke-5 kali nya, dan ya Treble! Treble kedua dari 10 taun terakhir.
Akhirnya dari yang ga yakin sama LE, terus beli Suarez yang ga yakin juga klop sama tim akhirnya bisa Treble lagi! Mungkin ini yang bisa dibilang "Belajar dari kesalah sebelumnya" taun sebelumnya babak belur nihil Trophy, eh ya musim selanjutnya Treble Winners. Once Superior, Still Superior!

No comments:

Post a Comment