Monday, March 17, 2014

Spirit, Liquor, Liqueur.

Terfikir karena tweet dari @sammybramantyo, yasudah kefikiran untuk nulis ini. Kebetulan juga dibales twittnye sama sammy gara gara 'plzen pivo atau Pilsner Urquell?'. Gapenting sih... hahahaha :)))

Yasudah, mari kita mulai!!! 

Spirit adalah minuman beralkohol yang diperoleh dengan proses penyulingan(destilasi). Tapi jangan salah sebelum dilakukan destillasi terlebih dahulu dilakukan proses fermentasi kemudian baru didestilasi
Bahan-bahan untuk membuat spirit adalah ;
·           Grains/padi-padian
·           Agave/Kaktus
·           Sugar cane/tebu
·           Fruits/buah-buahan.
 Secara garis besar spirit  dibagi menjadi 2 (dua) yaitu;
Dry Spirit (Liquor) adalah minuman beralkohol yang mempunyai kadar alkohol lebih tinggi dari pada kadar gulanya. Contohnya adalah Whiskey (Jim Beam, Chivas Regal, Jack Daniel dll)
Sweet Spirit (Liqeur) adalah minuman beralkohol yang mempunyai kadar gula lebih tinggi dari pada kadar alkoholnya. Contohnya adalah Grandmarnnier/Orange Liqeur, Kahlua/Coffee Liqeur dlsb.
Spirit adalah minuman yang pada proses pembuatanya mengalami proses destilasi atau penyulingan atau disebut juga Liquor,Sedangkan liquer adalah minuman / spirit yang pengalami penambahan zat gula atau flavour sehingga rasanya manis dan beraroma dan tampak lebih kental.
Contoh Liquor atau Spirit : Vodka,Tequila,Dry Gin,Rum,Whisky
Contoh Liquer : Triple sec,kahlua,white cream de cacao,midori dll.

Spirits itu sendiri adalah hasil distilasi atau penyulingan dari produk fermentasi. Distilasi merupakan proses pemanasan dari liquid hasil fermentasi ke titik didih alcohol (212 derajat Fahrenheid)dengan begitu alkohol otomatis akan menguap dan dilarikan ke suatu ruang dengan temperature yang rendah, sehingg cairan yang menguap akan kembali mengembun atau menjadi liquid dengan kadar alcohol yang tinggi.

Jadi, Perbedaan Liquor dan Liqueur


LIQUOR

  •   Kadar alkohol lebih tinggi (40%++).
  •   Merupakan minuman yang didistilasi yang menghasilkan ethanol 
  •   Biasanya bahan utama pembuatannya adalah grain.
  •   Cenderung Pahit.


LIQUEUR


  • Kadar alkohol lebih rendah dibanding Liquor
  •  minuman / spirit yang pengalami penambahan zat gula atau flavour sehingga rasanya manis dan beraroma dan tampak lebih kental.
  • Biasanya bahan pembuatannya adalah buah-buahan, atau spirit + sugar 
  • Mengandung kadar gula minimal 2.5%

2 comments: